53 Cerita dan Kisah Inspirasi dari Ayat Al Quran

53 Cerita dan Kisah Inspirasi dari Ayat  Al Quran



53 Cerita dan Kisah Inspirasi dari Ayat  Al Quran ini adalah kutipan dari tulisan facebok penulis ibu ibu dari komunitas #SSCQ. Dan Kisah Inspirasi dan Cerita Inspitasi ini sangat bermanfaat buat anda. Semoga cerita ini benar benar membuat anda terispirasi. 

Cerita dan Kisah Inspirasi ini sebenarnya lebih fokus pada hubungannya dengan sains. Bukan kisah hidup. Akan tetapi gaya penulisan dari para ibu sangat lunak, hingga mudah di cerna. 

Tidak hanya itu, di dalam tulisan mereka juga ada banyak Kata Kata Bijak dan Kata kata mutiara yang menyentuh yang di ambil dari Al Quran. Atau juga Cerita Inspitratif singkat yang menggugah anda.

Berikut judul judul dari Cerita Inspiratif yang di ambil dari Al Quran versi mereka. Untuk mendapatkan cerita lengkapnya Klik Saja Judulnya. 

Ajaibnya Stomata

Stoma (jamak: stomata) berada di hampir setiap permukaan tumbuhan, kecuali akar. Paling banyak terdapat pada daun. stomata adalah jaringan yang terdiri dari sel penutup dan sel tetangga. Sel penutup ini berbentuk seperti ginjal. Fungsinya sebagai pintu keluar masuk oksigen dan karbondioksida. Selain itu, stomata juga berfungsi mengatur kadar air dalam tumbuhan lewat peristiwa transpirasi (penguapan).

Mengapa Serbuk Sari Itu Ringan, dan Putik Itu Lengket?

Yang pernah belajar IPA, sains, khususnya biologi, pasti sudah pernah belajar tentang bagian-bagian bunga ya.. Zaman kelas 4 SD, aku sudah mulai belajar tentang bagian-bagian bunga. Dan semakin mendalam pelajarannya seiring naiknya jenjang kelas. Dan alhamdulillah, aku dihantarkan oleh Allah ke dalam jurusan yang nguprek-uprek soal bunga ini. Kali ini bukan bahas bunga yang haram alias riba, hehe..

Rahasia Siang dan Malam

Siang dan malam berganti sesuai dengan waktu bumi mengelilingi matahari. Semua benda langit beredar pada orbitnya masing-masing dengan kecepatan tertentu. Jika ada salah satu saja yang menyalahi aturan tersebu, maka bisa jadi akan terjadi tabrakan antarplanet, atau antarbenda langit yang lain. Ngeri ya.. beruntunglah, Allah sudah menundukkan semuanya, sehingga semua benda langit itu beredar sesuai aturan-Nya.


Berapa Tanaman yang Kau Kenal?

Ternyata nih, menurut Jurnal Ilmiah Nature, saat ini, ada 3 triliun lebih pohon yang hidup di muka bumi. Dan konon, setelah dikelompok-kelompokkan, terdapat 300 ribu lebih jenisnya. Kebayang ya, buanyaaaak banget. 

Nah, tentu saja, Allah sebagai pencipta tumbuh-tumbuhan itu tanpa tujuan. Karena semuanya diciptakan tanpa sia-sia. Masing-masing punya peran dan manfaat dalam kehidupan. Dan keberadaan tumbuhan itu juga bisa sebagai ujian bagi manusia, apakah semakin taat kepada Allah, atau bertambah ingkar. 


Awalnya, Kita Hanya Satu Sel

Awal mula terjadinya makhluk hidup baru bernama manusia, diawali dari pembuahan (fertilisasi) sel telur oleh sel sperma  yang terjadi pada saluran telur (oviduk/tuba falopi). Hasil pembuahan ini disebut zigot. Selanjutnya, zigot akan mengalami pembelahan mitosis, dari satu sel, menjadi dua sel, lalu empat sel, menjadi delapan sel, dst. Pembelahan sel ini terus terjadi selama perjalanan zigot dari oviduk ke rahim, yang berlangsung selama kurang lebih 4 hari.  

Paru-Paru Bumi

Manusia bernafas untuk menghirup oksigen, sebagai bahan baku dalam proses pembentukan energi dalam tubuhnya. Jika suplai oksigen di lingkungannya rendah, maka dia akan kekurangan bahan baku energi, sehingga pembentukan energinya bisa terhambat. 

Akan tetapi, Allah telah mendisain tubuh manusia untuk beradaptasi dalam lingkungan yang kadar oksigennya rendah. Yaitu dengan memperbanyak sel-sel pengikat oksigen. Disain yang canggih, dari dzat yang Maha sempurna. 

Bunga Wijaya Kusuma, The Queen Of Night

Pasti banyak yang sudah tahu ya tentang bunga wijaya kusuma ini. Ya, tanaman wijaya kusuma merupakan salah satu keluarga kaktus. Famili cactaceae. Mereka memiliki sifat yang serupa, yaitu waktu mekarnya bunga yang terjadi di malam hari, dan berlangsung dalam waktu yang sangat singkat.  Hanya beberapa jam saja. Unik ya ciptaan Allah yang satu ini? Mari kita kulik sedikit. 

Genetik Dalam Pandangan Islam

Kacang jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitulah ungkapan untuk menggambarkan sifat anak yang mirip dengan orang tuanya. Selain sifat yang mirip, ciri-ciri fisik pun biasanya juga mirip. 

Akan tetapi, kadang kala terjadi anomali. Bapaknya berkulit sawo matang dan ibunya kuning langsat, tapi anaknya berkulit hitam. Lebih gelap dari kulit bapaknya. Apa hal? 

Jangan berburuk sangka dulu. Ternyata hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. 

Gunung Gunung Berwarna

Kali ini, saya tertarik dengan kalimat kedua, tentang gunung-gunung yang bergaris merah, putih, dst. Pada mulanya, sungguh tak menyangka bahwa apa yang Allah kabarkan itu memang benar adanya. Dikira hanya kiasan saja. Ternyata, di dunia ini ada beberapa gunung yang jika dilihat dari angkasa, nampak berwarna-warni. Tentu saja terlihat sangat indah. Karena pada umumnya, yang namanya gunung/bukit ya biasanya hijau. Tapi kali ini, kita jumpai gunung-gunung beraneka warna. Di mana sajakah itu? Berikut yang saya sarikan dari Merdeka.com.

Manna dan Salwa mana lebih baik? 

Manna adalah makanan manis seperti madu merupakan makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan protein, di samping karbohidrat, juga zat-zat yang memiliki unsur-unsur pengobatan. 
Sedangkan salwa adalah burung sebangsa puyuh, memiliki gizi berupa protein dan lemak hewani. Jika burung tersebut adalah jenis burung yang lincah maka lemak yang dihasilkannya adalah lemak yang baik dan sehat. Identik kita yang suka berolahraga maka lemak jahat tak mau ngendon berada dalam tubuh. 

Manfaat Puasa untuk kecerdasan

Syaikh Al-Zarnuji (570-636 H) dalam karya Ta'lim Muta'allim beliau menyampaikan bahwa, para penuntut ilmu sudah seharusnya berpuasa karena dengan berpuasa, otak akan terpacu untuk berkonsentrasi. Sementara banyak makan akan menimbulkan dahak, dan dahak yang banyak memicu lemah hafalan. Mengapa para ulama salaf itu genius? Karena mereka sering berpuasa. 

Al Quran dan Lapisan Kulit

Seorang Keith Moore adalah ahli Embriologi terkemuka dari Kanada yang mengutip surat An-Nisa ayat 56 yang menjelaskan bahwa luka bakar yang cukup dalam tidak menimbulkan rasa sakit.
Ini sesuai penelitian bahwa terbukti  ujung-ujung syaraf sensorik itu  sudah hilang fungsinya. Setelah pulang ke Thailand Tajaten pakar dari Thailand yang kuliah di Amerika serikat menjelaskan penemuannya kepada mahasiswanya. Akhirnya mahasiswanya sebanyak 5 orang menyatakan diri masuk Islam. 
Secara umum, jumlah hujan yang turun ke bumi selalu sama. Diperkirakan sebanyak 16 ton air di bumi dan menguap setiap detiknya.
Jumlah tersebut sama dengan jumlah air yang turun ke bumi setiap detiknya. Dengan demikian, dikatakan bahwa hujan secara terus-menerus beredar dalam sebuah siklus seimbang menurut 'ukuran' tertentu.  

Alquran Sebagai Penawar Penyakit

Sebuah penelitian di Florida membuktikan bahwa terjadi perubahan fisiologis yang besar, baik bagi orang yang bisa berbahasa Arab atau tidak, setelah mendengar bacaan Al-Qur'an.

Perubahan yang dimaksud adalah penurunan depresi, kesedihan, juga penyakit yang dirasakan. Bahkan perolehan ketenangan bagi mereka usai diperdengarkan tilawah ayat-ayat cinta dari Allah Sang Pencipta.

Mimikri dan Kamuflase

Saat bunglon berada di tanah, maka hewan tersebut akan berubah warna menjadi coklat. Begitu pula saat ia berada di pohon atau dedaunan, maka ia dapat mengubah warna tubuhnya menjadi hijau.
Mimikri juga disebut bentuk adaptasi tingkah laku, yang mana bunglon mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungan atau tempat yang dihinggapinya. Hal ini dilakukan agar ia tidak terlihat oleh pemangsa.

Perlu diketahui bahwa mimikri dan kamuflase memiliki perbedaan yang cukup signifikan, di mana keduanya memiliki ciri khas atau karakteristik masing-masing.
Kamuflase merupakan suatu teknik penyamaran atau pengelabuan yang dilakukan oleh hewan tertentu pada situasi terdesak atau terancam.
Kamuflase artinya berubah bentuk, sikap, dan warna yang membuat hewan tersebut tidak mudah untuk dikenali.

Apa Penentu Jenis Kelamin Anak ? 


Adakah yang masih ingat pelajaran saat SMP dulu tentang kromosom. Ada kromosom X dan Y. Jika perempuan kromosomnya XX sedangkan laki-laki XY. Kalau melihat susunannya maka yang jadi penentu jenis kelamin adalah kromosom Y. Di mana kromosom itu dimiliki oleh laki-laki atau bapak. 
Hal itu bisa dikaitkan dengan ayat-ayat Allah QS An-Najm : 44-46)

Kata 'nuthfah' berarti sejumlah kecil cairan. Kata 'tumna' berarti yang dikeluarkan atau ditanamkan. Jadi nuthfah mengacu pada sperma karena spermalah yang dikeluarkan. 
Selain itu dalam Al-Qur'an ada ayat lain menyebutkan. 

'Alaq vs Embriologi


Maha suci Allah yang berkehendak mencipta apa yang dikehendaki-Nya. Allah berkehendak mencipta tahapan-tahapan yang harus dilalui manusia ketika berada dalam rahim ibunda. Dan Allah yang menginformasikan semua itu kepada manusia melalui kalam-Nya. 

Bagaimana ilustrasi mengenai 'alaq atau segumpal darah dalam Al-Qur'an? 
Dr. Keith Moore, Ketua Jurusan Anatomi di University of Toronto, Kanada, sekaligus pakar dalam bidang embriologi (ilmu yang membahas tentang pembuahan dan perkembangan janin) dimintai pendapat mengenai informasi yang terdapat dalam Al-Qur'an berkaitan dengan bidang embriologi tersebut. 

Beliau berkata bahwa sebagian besar informasi tentang embriologi yang disebutkan Al-Qur'an sangat sesuai dengan penemuan-penemuan modern dalam dunia embriologi. 
Firman Allah, "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah." (QS Ali Alaq : 1-2) 

ASI dan Air Ketuban


Allah berikan ciri yang sama agar bayi saat lahir mengindra ASI dsn tidak mengindra yang lain. Kesalahan penanganan saat-saat penting ini, misalkan diberikan dot berpeluang gagal IMD.
Lihatlah saat bayi itu begitu nyaman saat di dekapan dada sang ibu. Ini karena aroma ASI yang mirip dengan air ketuban, sehingga si kecil merasa nyaman.

Cairan yang tertelan dilepaskan ke kolam cairan ketuban, baik dari rahim ibu maupun dari paru-paru dan ginjal janin tempat cairan tersebut terbentuk. Dengan begitu, jumlah cairan ini, yang sangat penting bagi sang janin, tetap konstan. Karena sistem yang sempurna ini, sistem pencernaan janin bekerja tanpa membahayakan si janin.

Cairan ketuban tidak hanya mempersiapkan sistem pencernaan untuk masa setelah lahir, tapi juga menjamin si janin dapat bergerak lebih nyaman di dalam rahim sang ibu. Janin mengapung di dalam cairan ini sama seperti perahu dayung yang terikat di pelabuhan.

Dalam Ensiklopedia Encarta disebutkan bahwa interaksi dalam ekosistem, dapat dipahami dari segi peringkat (level) makanan yang dikenal sebagai tingkat trofik.
Tanaman hijau membuat makanan tingkat trofik pertama dan dikenal sebagai produsen utama. Tanaman inilah yang mengkonversi energi dari matahari ke dalam makanan dalam proses yang disebut fotosintesis.

Fenomena Fatamorgana

Fatamorgana merupakan sebuah ilusi yang tercipta dari fenomena optik dan dapat disebabkan karena beberapa hal.Seringkali kita sering mendengar banyak cerita dari beberapa orang yang pernah mengalami ilusi.  

Karena fatamorgana tersebut sehingga sulit untuk dibedakan apakah fatamorgana merupakan ilusi semata atau bagian dari halusinasi.

Istilah fatamorgana kini dikenal sebagai sebuah ilusi optik yang sering dijumpai oleh orang-orang di beberapa kawasan tertentu. Umumnya fenomena unik ini hanya terjadi di kawasan gurun yang gersang maupun tanah yang lapang.

Bara Api Yang Membakar

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata api?   Pasti panas itu yang terpikirkan. Atau membakar. Iya, api memang berkhosiyat untuk membakar. Menghasilkan panas. Mengapa ya ketika menyalakan api meski kecil kok bisa menjadi panas? Kalo jawabannya qadha Allah he he pasti benar. Memang begitulah Allah menciptakan. 

Tapi secara prose kimiawinya, api terjadi karena adanya proses oksidasi cepat yang menghasilkan cahaya dan panas. Api dapat tercipta jika terjadi persenyawaan (bergabungnya) tiga unsur yang dikenal dengan teori segitiga api. Wuih keren ya istilanya. Apa saja itu? 

Kecepatan Gerak 

Saat kita begerak, pasti memiliki sebuah kecepatan. Hatta berjalan sekalipun. Kalo benda tidak memiliki kecepatan, berarti benda itu diam tak bergerak. 

Apa sebenarnya kecepatan itu? Kecepatan adalah perpindaan yang di tempuh manusia maupun sebuah benda dalam jangka waktu tertentu. Nah jadi, setiap benda atau manusia yang bergerak, berpindah tempat, pasti membutukan waktu tertentu dan menghasilkan kecepatan tertentu. Paham ya dari sini? Lanjuuut. 

Indera Yang Pertama Berfungsi 

Dan dalam sebuah penelitian dikatakan, bahwa indera pertama yang berfungsi adalah pendengaran (telinga).  Luar biasanya, dari penampakan telinga dari luar sungguh menakjubkan. Bentuknya yang unik. Pas di tubuh manusia. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Bahkan akan terlihat indah dan cantik pada diri seorang wanita karena merupakan salah satu tempat perhiasan. 

Bagaimana dengan struktur telinga?  Sekilas nampak dari luar bentuk telinga yang indah, ternyata telinga memiliki struktur yang rumit. Mulai dari telinga luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Dari bagian-bagian itu masih ada bagiannya lagi. Ck..ck..ck begitu kompleksnya. 


"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?".

Kemudian ulangi pandangan(mu) sekali lagi (dan) sekali lagi, niscaya pandanganmu akan kembali kepadamu tanpa menemukan cacat dan ia (pandanganmu) dalam keadaan letih." (QS. Al Mulk : 3-4).
Dan dari tanda-tanda kekuasaan Allah, yang harus kita pikirkan adalah Dia menciptakan tujuh langit yang bertingkat-tingkat dan tanpa memiliki kecacatan, tidak berlubang atau retak, tidak memiliki kejanggalan atau ketidakseimbangan. 

Variasi Warna Daun

Secara umum kita mengenal bahwa daun itu berwarna hijau.
Namun, ada beberapa tumbuhan yang memiliki warna daun yang tidak hijau, atau bercampur dengan hijau, seperti sirih merah.

Sahabat syurgaku, yuk kita pelajari berbagai macam pigmen warna yang terkandung dalam tumbuhan.

Ruang Hampa Udara

Sahabat syurgaku, pernahkah engkau mendengar ruang hampa udara? Ruang yang kosong dari Udara? Apakah udara itu?

Tentu pernah ya. Berbicara ruang hampa udara ini, berarti kita bicara tentang ruang yang disana tidak ada udara. Ya, di sana tidak ada udara. Udara adalah sebuah massa  yang berisi oksigen, nitrogen dan sebagainya. 

Konsep ini menandakan bahwa ada ruang yang manusia saat itu tak akan bisa hidup di ruangan itu. Ruangan itu menyebabkan  manusia tidak bisa bernafas. Ruang itu diluar angkasa 100 km dari permukaan bumi dan seterusnya ke atas. Maha benar Allah atas Kuasanya.

Proses Pembekuan Darah

Pernahkah engkau sahabat membayangkan jika terjadi luka padamu, lalu luka itu terus mengalir dan tidak berhenti? Jika luka itu sembuh lalu berhenti, bagaimana prosesnya? Tentu kita ingin tahu bukan, bagaimana itu bisa terjadi?

Sahabatku, Allah tuhan kita telah membuatkan mekanisme penutupan luka yang keren. Penutupan luka dengan melibatkan proses dan komponen zat di dalam darah yang sangat kompleks dan keren. 

Proses pembekuan darah atau koagulasi merupakan mekanisme alami tubuh untuk menghentikan perdarahan saat terjadi luka atau cedera.

Proses ini terbilang kompleks dan melibatkan berbagai elemen dalam darah.
Begitu hebatnya Allah membuat cara itu, tentu tak bisa ditiru siapapun. Itu hanya bisa dilakukan oleh sang pencipta. Bukan sesuatu yang biasa. Bahkan manusia sepintar apapun tidak bisa melakukannya dengan hasil yang demikian.

Saat terjadi luka atau cedera, pembuluh darah dapat rusak dan terjadilah perdarahan. Untuk menghentikan perdarahan tersebut, tubuh secara alami akan menjalankan mekanisme untuk menyembuhkan luka melalui proses pembekuan darah.

Pesan Menggugah dalam Lapisan Kulit

Saat kita duduk di bangku SD masih ingatkah engkau sahabat? Saat kita belajar panca indra. Bahwa indra kita itu salah satunya adalah indra peraba. Ya, kulit kita. Dia bisa merasakan sakit, lembut, kasar dan terhubung dengan otak.

Nah, kulit ini memiliki banyak lapisan. Saat seseorang terluka bakar cukup parah, syaraf di kulit bisa tidak berfungsi lagi, sehingga tidak merasakan sensasi rasa apapun.

Seorang Keith Moore adalah ahli Embriologi terkemuka dari Kanada yang mengutip surat An-Nisa ayat 56 yang menjelaskan bahwa luka bakar yang cukup dalam tidak menimbulkan rasa sakit.

Belajar dari Biji


Dalam morfologi tumbuhan ...ayuk kita kuliah di MK morfologi tumbuhan, dikenal ada biji tertutup yang disebut Angiospermae, dan biji telanjang/terbuka yang disebut Gymnospermae. Biji memiliki keanekaragaman dalam ukuran, bentuk dengan kulit biji yang berlapis-lapis, dan kekerasan (dari mulai yang lunak sampai dengan yang keras seperti batu).

Ketika biji sampai pada kondisi yang diperlukan, maka biji tersebut akan tumbuh dan kulit biji yang menjadi pelindung bagian biji yang ada di dalam akan ditembus oleh lembaga. Bahkan lapisan kulit biji yang sekeras batupun dapat dipecahkannya.Begitulah cara Allah megendalikan kematian dan kehidupan. Subhaanallah.

Al hubuk dan Relativitas Einstein


Seorang Albert Einstein bahkan hampir sampai pada pemikiran tentang akhir dunia. Dia menemukan teori fisika mutakhir yang bernama Relativitas.

Teori ini sedikit menggugat dan berbeda dengan konsep gravitasi bumi milik Newton. Teori ini adalah teori kecepatan dan percepatan dalam ruang dan waktu (spacetime).
Pakar fisika mengungkap teori ini dan mencoba menghubungkannya dengan peristiwa baiknya Rasululah ke langit dalam Isra dan Mi'raj. Kesimpulannya itu mungkin. Jarak yang jauh dapat dicapai dengan hitungan jam dengan mekanisme yang Allah buat. Sederhananya, Semua mudah bagi Allah. Dia pencipta. Apapun bisa nenjadi kehendakNya. Subhaanallah.Allahu Akbar. 

Besi (Al-Hadid) di dalam Al-Qur'an

Besi dapat dibuat berbagai macam keperluan manusia, sejak dari yang besar sampai kepada yang kecil, seperti berbagai macam kendaraan di darat, di laut dan di udara, keperluan rumah tangga dan lain-lain.

Sebuah ensiklopedia sains modern menggambarkan unsur-unsur kimia yang ada di bumi kita ini mempunyai variasi yang menakjubkan, beberapa di antaranya susah ditemukan tapi ada juga yang berlimpah. Ada yang dapat dilihat oleh mata telanjang karena berbentuk cairan dan padatan, tetapi ada juga yang tak tampak karena berupa gas.

 Sekitar 300 tahun yang lalu hanya 12 unsur yang diketahui di antaranya adalah unsur Ferrum (Fe)  atau besi ( Al hadid) yang bernomor atom 26 pada tabel Susunan Berkala Unsur- Unsur.

Rahim yang Kokoh

Sebuah keistimewaan bagi perempuan yang Allah anugerahkan. Sebuah organ yang menjadi penghubung silaturahmi manusia yang pernah menghuni dan terlibat di dalamnya. Organ yang terakhir kali berdialog dengan Allah. Akan kekhawatirannya terjadi perpecahan manusia yang pernah berada di dalamnya.

Manusia khususnya perempuan harus bersyukur akan kehadirannya. Nama yang dihadiahkan Allah agar bersemayam kasih sayang di dalamnya. Ar Rahiim itulah nama Allah yang tersemat untuknya. Wahai manusia, jagalah silaturrahmi diantaramu. Dia bersedih saat orang yang pernah ada di dalamnya bersengketa. Wahai saudara serahim, hormatilah pemiliknya.Para ibu yang mulia. Perempuan mulia pencetak generasi pada zamannya. Perhatikanlah ayat di bawah ini. Semoga menjadi pengingat untuk kita.
kemudian Kami letakkan ia dalam tempat yang kokoh (rahim),

Teknologi Nano dalam Api Ibrahim

Saat nabi Ibrahim berada dalam yang menyala-nyala. Saat turun ayat ini.Allah menarik potensi api yang membakar menjadi sesuatu yang sejuk. Semua di luar nalar manusia. Mari kita simak ayat ini....

Kami (Allah) berfirman, “Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!”

Orang-orang kafir di Kota Ur dan Kaldea,  melemparkan Ibrahim ke dalam api yang menyala, namun Allah berkehendak menyelamatkan Ibrahim dengan mengubah sifat api. Kami, berfirman kepada api, “Wahai api! Jadilah kamu dingin,” api dikecualikan dari sifatnya yang alamiahnya yang panas dan membakar, tetapi bukan dingin yang membahayakan. Allah melanjutkan firman-Nya kepada api, “Dan jadilah kamu penyelamat bagi Ibrahim dengan menjadi sejuk!”

Misteri Tulang Ekor


Organ tersebut memiliki fungsi masing-masing yang menyatu untuk fungsi tertentu. Inilah bukti kebesaran Allah pada rangka, tulang dan daging. 

Tulang ekor merupakan salah satu organ yang ada di bagian bawah ruas tulang belakang.
Sebagian besar orang menganggap bahwa bagian ini tidaklah penting.Seorang anatomi dari Jerman bahkan menuliskan daftar 100 struktur anatomi tubuh yang tidak memiliki fungsi.
Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi semakin canggih, fungsi dari tulang ekor mulai terkuak.

Tulang ekor adalah titik pertemuan dari otot-otot kecil dan menyangga beberapa tulang di bagian panggul.

Tanpa adanya tulang ini manusia tidak akan bisa duduk dengan nyaman.

Allah Pemilik Arah Mata Angin 

Ayat pertama juz kedua ini sungguh menggodaku. Aku penasaran dengan maksudnya. Ternyata Allah hendak minta kepatuhan hamba-Nya. Patuh menghadap saat ibadah kemanapun yang diperintahkannya.

Selama di Makkah Rasulullah dan para sahabat menghadap Utara yaitu Baitul Maqdis Palestina. 

Nah, saat Allah memindah kiblat ke arah Makkah yaitu arah lain dari yang sebelumnya, orang-orang pandir itu marah. 

Mereka menuhankan arah, padahal tak ada yang spesial dari semua  arah itu. Semua arah itu kepunyaan Allah. Terserah Allah mau mengubah dan megngganti arah yang mana. Sebab Dia Allah pemilik seluruh bumi ini. 

Kesehatan Jiwa dalam Al-Qur'an

 Mari kita simak ayat berikut ini demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya, Allah bersumpah, Demi jiwa serta penyempurnaan ciptaannya. Jiwa bukan materi sebagaimana benda-benda yang disebut sebelumnya, tetapi jiwa mempunyai peran yang sangat sentral dalam memben¬tuk perilaku manusia.


Ruang Hampa Udara

Tentu pernah ya. Berbicara ruang hampa udara ini, berarti kita bicara tentang ruang yang disana tidak ada udara. Ya, di sana tidak ada udara. Udara adalah sebuah massa  yang berisi oksigen, nitrogen dan sebagainya.

Konsep ini menandakan bahwa ada ruang yang manusia saat itu tak akan bisa hidup di ruangan itu. Ruangan itu menyebabkan  manusia tidak bisa bernafas. Ruang itu diluar angkasa 100 km dari permukaan bumi dan seterusnya ke atas. Maha benar Allah atas Kuasanya.

Setiap makhluk hidup terutama manusia membutuhkan udara agar bisa tetap bernapas dan hidup.  Lalu apa yang terjadi jika seseorang berada di dalam ruang hampa udara tanpa perlindungan?

Indahnya Warna-warni Pelangi 

Pegunungan Pelangi di Cina di Taman Nasional Geopark Zhangye Danxia adalah keajaiban geologi dunia. Pegunungan Cina ini terkenal dengan warna-warna yang meniru pelangi yang terlukir di atas puncak pegunungan yang bergelombang. Fenomena gunung pelangi ini dikabarkan oleh Allah dalam Al Quran, Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. (QS. Fatir Ayat 27)
Allah menyampaikan dalam ayat ini bahwa ada gunung-gunung itu yang memiliki garis putih dan merah yang beraneka ragam warnanya. Ternyata yang dimaksud beraneka ragam warnanya adalah warna-warni pelangi yang dibiaskan dari warna putih matahari. 

Hewan Terkuat di dunia

Hewan apa yang paling besar dan paling kuat di dunia? Yups! Gajah. Mengapa gajah dikatakan terbesar dan terkuat? Karena berat gajah dewasa dapat mencapai 5 ton lebih. Wow! Bayangkan 5 ton itu setara 5000 kg. Bahkan ada gajah Afrika yang beratnya mencapia 6 ton dengan panjangnya 8 m ( termasuk gadingnya) dan tingginya 4 m. Masyaallah…terbayang betapa besarnya. 4 m itu setinggi rumah kita kali ya? Yang dua lantai. Kadang ada lho rumah yang ga sampai 4 m. Apalagi tipe RSSS (Rumah Sangat Sederhana Sekali). He he. 

Bagaimana dengan bayi gajah? Gajah yang merupakan mamalia yang melahirkan secara beranak, setelah mengandung anaknya selama 22 bulan, bisa melahirkan anak gajah yang beratnya langsung tembus 120 kg dan tinggi sekitar 90 cm. Uwwooow…sang bayipun langsung memilki rambut dan beberapa gigi seri. 

Sang Penjelajah Angkasa 


Barangkali ini juga yang menginspirasi tokoh dunia Ibnu Firnas, ilmuwan Islam terkemuka di jamannya yang berhasil menciptakan awal mula pesawat terbang yang bernama gantole. Beliau juga orang pertama yang bisa terbang hingga 10 menit di angkasa. Sayang percobaannya ini membuat beliau terjatuh dan harus menghembuskan nafas terakhir sebelum benar-benar berhasil. 

Perjuangan Ibnu Firnas tak berhenti. Wright bersaudara yang di klaim barat penemu pesawat terbang pertama, akhirnya pada tahun 1903 mampu menerbangkan Wright Fliyer 1 di Kitty Hawk, North California. Atas keberhasilan mereka inilah, perusahaan yang didirikan Wright bersaudara ramai mendapatkan pesanan dari Angkatan Darat AS untuk tipe pesawat tertentu. Hingga jenis pesawatnya digunakan dalam Perang Dunia 1 dan Perang Dunia II. 

Sifat Air yang Melarutkan ?

Ada satu fakta menarik yang terjadi di selat Gibraltar. Dimana dua laut tak dapat bercampur. Secara logika jika ada air tawar di campur air garam, atau air garam dengan air garam, maka keduanya akan bercampur, saling larut dan saling menambah rasa asin dalam air tersebut. Nyatanya itu tidak terjadi. 

Laut Mediterania dan Laut Antlantik yang bertemu di selat Gibraltar tak dapat bersatu. Bahkan warnanya saja bebeda. Adalah Jacques Yves Causteu yang meneliti dengan menyelam, melakukan penelitian tentang keanehan tersebut. Dan itu dilakukannya pada kurun waktu tahun 1900an. Casteu setelah melakukan penelitian cukup lama, berada pada kesimpulan salinitas, kerapatan dan sifat-sifat yang lain dari kedua lautan ini sangat bebeda. Meski berdampingan. Inilah yang menyebabkan kedua laut ini tak dapat bercampur dan saling melarutkan. 

Apakah Bumi Itu Datar atau Bulat? 

Pernahkah terbersit pertanyaan seperti ini? Barangkali kita yang sudah banyak belajar sains akan bisa menjawabnya dengan tepat bahwa bumi itu bulat. Bagaimana dengan anak-anak yang masih menangkap informasi sesuai dengan fakta yang ada di depannya? 
Berkali-kali anak-anak bertanya, “Mik, bumi itu bulat ya mik? Tapi kok kita ga jatuh ya? Bukankah kita tinggal di bumi?”. Hayooo lo bagaimna menjelaskannya? 

Tinggal Di Gunung, Siapa Takut? 

Pernah memperhatikan orang-orang yang tinggal di gunung? Saya pernah. Sering bahkan. Dan selalu ada tanya dalam benak. Kok bisa ya mereka tinggal di gunung? Apa ga takut longsor? Bagaimana membuat jalannya yang menanjak dan berkelok-kelok? Bagaimana membangun rumahnya hingga kokoh dan tak bergerak? Bagaimana jika terjadi gunung meletus? Dan berbagai pertanyaan yang lain. 
Ada berbagai alasan mengapa manusia memilih bertempat tinggal atau hidup di daerah pegunungan. Menetap dan berkembang biak di sana. Bahkan hingga hari ini masih banyak kita saksikan manusia yang hidup di gunung. 

Petunjuk Arah Pertama Di Bumi 

Pernahkah kita berada pada suatu tempat baru dan kesulitan menentukan arah? Kita sedang menghadap ke arah mana? Ke arah mana kiblat sholat kita? 

Atau terkadang kita merasa menghadap ke barat padahal sedang menghadap ke utara? Atau menghadap ke selatan seolah-olah menghadap ke barat? Nah jadi bingung kan? Itulah mengapa kita butuh penunjuk arah.  Agar tak tersesat dan bingung arah.

Tanah Yang Menyucikan 

Berbicara tentang tanah memang cenderung berkesan kotor, jorok, banyak kuman. Karena persepsi kita di tanah itu banyak cacing dan berbagai kuman penyakit. Belum lagi melihat fakta bahwa tanah itu tempatnya di bawah. Diinjak-injak. Bekas apapun sandal atau sepatu kita mesti menginjak tanah. Betul tidak mom? 

Tak Selamanya Petir itu Berbahaya

Apa yang kita rasakan jika mendengar bunyi petir yang menggelegar? Ditambah kilatan cahayanya yang sangat dasyat mengerikan? Takut? Wajar. Semua orang pasti mengalaminya.  Kebayang jika sampai kilatan petir menyambar tubuh kita. Maka gosonglah jadinya. He he. 

Ketika Matahari Berhenti Berlari 

Kecepatan lari matahari jelas jauh berbeda dengan kecepatan lari manusia. Matahari untuk satu kali putaran mengelilingi pusat galaksi, membutukan waktu sekitar 226.000.000 tahun. Maka untuk melakukan  gerak satu kali zig-zag (dari atas ke bawah dan ke atas lalu ke bawah lagi) membutukan waktu sekitar 60 juta tahun. Woow! bagaimana Al Quran menggambarkan tentang hal ini? 

Ketika Bumi Berbicara

Pernah mendengar bumi berbicara? Ya berbicranya bumi memang tidak seperti manusia yang bisa bercakap-cakap dengan sesamanya. Berkomunikasi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. 
Berbicaranya bumi adalah dengan mengeluarkan suara infrasonik yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Artinya terjadi  20 getaran dalam satu detik. Dan suara ini tidak dapat di dengar oleh manusia. Yang dapat mendengar bunyi ini hanya hewan tertentu sepeprti gajah, anjing dan ikan. 

Hanya saja ketika bumi sudah mulai berbicara maka itu ancaman bagi keselamatan manusia. Berarti bumi sedang melakukan aktivitas geologinya di pusat bumi. Selanjutnya akan terjadi bencana gempa, gunung meletus atau tsunami yang menimpa.  

Al-Qur'an Membahas tentang Penyerbukan

Oke. Jadwal pelajaran teteh untuk hari senin adalah IPA, IPS dan Dirosah Islamiyah. 
Materi dan tugas pun sudah dibagikan oleh ibu guru wali kelas sejak pagi. 
Dimulai dengan Mata Pelajaran IPA. Pada bab satu Mata Pelajaran IPA kelas enam membahas tentang Perkembangbiakan Tumbuhan. 

Bakda subuh selesai membaca juz 14 beserta terjemahnya, yang didalamnya terdapat ayat yang membahas tentang penyerbukan kemudian selang beberapa jam, bersama dengan teteh mempelajari dan membahas tentang penyerbukan juga, secara ilmiah. MasyaAllah. 

Belajar dari Lebah, Why not??!!

Fakta menyebutkan bahwa sarang lebah diketahui mampu menampung koloni lebah hingga berjumlah 80 ribu ekor. Mereka tinggal di dalam sarang tersebut sekaligus bekerja sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing.

Fungsi sarang lebah tidak hanya sebagai tempat tinggal bagi koloni lebah itu saja, tetapi juga sebagai tempat menyimpan madu yang telah berhasil mereka dapatkan. Sarang lebah merupakan sarang yang begitu besar dan teratur, sebab sebagai binantang yang berkoloni lebah harus selalu berkelompok.
Jika kita memperhatikan sarang lebah secara langsung, maka kita akan menemukan bahwa bentuk dari sarang lebah tersebut adalah berbentuk segi enam atau heksagonal. 

Cara Semut Berkoloni dan Berkomunikasi


Subhanallah kembali dibuat takjub oleh Allah Swt atas surat dan ayat yang diambil dari serangga. Kali ini kita belajar dari semut. Semut merupakan salah satu serangga sosial, artinya mereka hidup bersama dalam koloni. Yang termasuk serangga sosial yang lainnya adalah lebah dan rayap. 

Dalam ilmu biologi, koloni berarti sekelompok makhluk hidup yang hidup bersama dalam hubungan yang dekat dan saling bergantung. Koloni berbeda dengan kelompok hewan biasa, karena dalam koloni ada pembagian kasta yang biasanya mencakup ratu, pejantan subur, prajurit dan hewan-hewan pekerja.
Komunitas semut dipimpin oleh seorang ratu yang memiliki tubuh yang sangat besar dan bersayap. Kasta ratu dan semut-semut jantan merupakan kasta tertinggi dari puncak koloni semut karena memiliki peran besar dalam menjalankan tugasnya.  Fungsi Dan tugas ratu semut adalah meningkatkan jumlah individu untuk memperbesar koloninya dengan bertelur dan memastikan kelangsungan hidup koloni. 
Sedangkan semut jantan memiliki tugas untuk kawin dan membuahi ratu semut kemudian setelah kawin semua semut jantan akan mati.

Belajar dari Perilaku Laba laba

Apa yang kita lihat dan perhatikan jika kita melihat sarang laba-laba? 
Kenapa Allah Swt meminta kita untuk memperhatikan dan memberikan perumpamaan dari sarang laba-laba? Karena terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil oleh manusia dari sarang dan perilaku laba-laba tersebut. 

Kita bahas secara ilmiah dulu ya…
Sarang laba-laba, terdiri dari jaring-jaring yang disusun sehingga memiliki bentuk yang melingkar spiral, tipis putih dan terlihat rapuh.

Selain digunakan untuk menangkap mangsa, jaring laba-laba juga memiliki banyak fungsi di antaranya membantu laba-laba berpindah dari satu tempat ke tempat lain, berkomunikasi dengan laba-laba di sekitarnya dengan meninggalkan jejak jaring.

Siang dan Malam

Bagaimana seandainya jika waktu malam itu terus menerus, tanpa ada cahaya matahari? Tentu dapat kita bayangkan, jika tidak ada matahari maka dipastikan tidak akan ada kehidupan. 
Sementara untuk mengisi kehidupan dunia ini kita juga perlu makan, bekerja dan mencari ilmu untuk beribadah, bagaimana hal itu akan dilakukan? 

Makluk lain seperti tumbuhan dan hewan pun memerlukan matahari (waktu siang) untuk menyempurnakan kehidupan mereka. 

Dari Tafakur Menjadi Tadzakkur

Muhammad Muassis al Aufa, yang berarti Muhammad sang penggagas yang sempurna, adalah nama yang kami sematkan untuk anak kedua kami. Nama adalah doa, berharap dengan nama tersebut anak kami menjadi penggagas dalam semua hal untuk kepentingan agama Allah dan kemaslahatan ummat. 

Kenapa unta, ada apa dengan unta? nah ini lah yang akan kita bahas berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para ahli. 

Unta merupakan salah satu hewan yang istimewa. Yang membuatnya istimewa adalah struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam, sekeras atau se-ekstrim apapun kondisinya. 
Unta dapat bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum dan mampu mengangkut beban ratusan kilogram pula. Kok bisa? 

Nah, ternyata rahasianya terletak pada punuk unta. Punuk unta merupakan tumpukan lemak yang menyediakan sari makanan dan minuman. Dengan cadangan lemak di punuk ini, unta dapat hidup hingga tiga pekan tanpa makanan dan air. 








Posting Komentar