Gunung Gunung Berwarna

 

Gunung Pelangi

Oleh: Maret atik

Menyelami ayat-ayat-Nya, memang tak habis bibir berdecak kagum, atas segala ciptaan-Nya yang begitu sempurna. Ciptaan-Nya yang tak pernah sia-sia. 

Kali ini, aku terpesona dengan surat Fatir ayat 27. Mari kita simak ayatnya.

Artinya: "Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat." (QS. Fatir 35: Ayat 27)

Kali ini, saya tertarik dengan kalimat kedua, tentang gunung-gunung yang bergaris merah, putih, dst. Pada mulanya, sungguh tak menyangka bahwa apa yang Allah kabarkan itu memang benar adanya. Dikira hanya kiasan saja. Ternyata, di dunia ini ada beberapa gunung yang jika dilihat dari angkasa, nampak berwarna-warni. Tentu saja terlihat sangat indah. Karena pada umumnya, yang namanya gunung/bukit ya biasanya hijau. Tapi kali ini, kita jumpai gunung-gunung beraneka warna. Di mana sajakah itu? Berikut yang saya sarikan dari Merdeka.com.

Pertama, Zhangye Danxia - China

Gunung ini terletak di provinsi Gansu. Ia dilindungi sebagai bagian dari kawasan konservasi Zhangye Danxia Landform Geological Park. Fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

Kedua, Seven Coloured Earths of Chamarel - Mauritius

Tanah Tujuh Warna, Seven Coloured Earths atau Terres des Sept Couleurs dalam Bahasa Prancis adalah sebuah formasi geologis unik yang bisa ditemui di Chamarel, Distrik Rivire Noire, sebelah barat daya Mauritius. Wilayah ini merupakan bukit pasir dengan lapisan warna merah, cokelat, violet, hijau, biru, ungu, dan kuning.

Tak hanya indah dilihat, pasir di sana ternyata menunjukkan keanehan saat dicampur. Ambil segenggam pasir di Seven Coloured Earths dan campur menjadi satu. Perlahan-lahan, pasir akan memisahkan diri sesuai dengan warnanya.

Menurut Go2Africa, diperkirakan pasir warna-warni terjadi karena lelehan batu vulkanik yang mendingin pada suhu berbeda. Tempat ini menjadi objek wisata andalan Mauritius sejak tahun 1960-an. 

Ketiga, Cerro de los Siete Colores - Argentina

 Sesuai namanya, bukit ini memiliki tujuh lapisan warna. Semuanya merupakan produk dari berbagai macam fenomena geologis yang terjadi pada zaman purba.

Dilansir dari Kuriositas, sedimentasi laut serta pergerakan sungai dan danau yang disebabkan karena pergeseran lempeng tektonik menyebabkan gradasi warna pada permukaan tanah.

Walaupun begitu, warga lokal menyebutnya Bukit Tujuh Rok. Pasalnya, warna-warna pada bukit mirip dengan warna rok tradisional yang dikenakan oleh para wanita di Pegunungan Andes.

Keempat, Rainbow Hills - Indonesia

Seperti namanya, perbukitan di tempat ini benar-benar berwarna-warni. Perpaduan warna yang unik membuat bukit-bukitnya terlihat seperti pelangi dari kejauhan. Namun, kontur (garis ketinggian) dan warna tanah di perbukitan Rainbow Hills yang berlokasi di Danau Kahyangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau ini bisa berubah-ubah kapan saja.

Kelima, Painted Hills Oregon - Amerika Serikat

Dinamai Painted Hills karena tampak seperti diwarnai dengan sapuan cat dalam beberapa warna. Dilansir Amusing Planet, kemungkinan besar Painted Hills terbentuk lebih dari 35 juta tahun yang lalu berkat lapisan abu vulkanik ketika daerah tersebut masih berupa dataran sungai.


Keenam, Rainbow Mountain (Vinicunca) – Peru

Dilansir The Endless Adventure, Rainbow Mountain tersembunyi di kawasan Pegunungan Andes Peru. Gunung ini juga dikenal dengan nama Vinicunca atau Yauricunca.

Keindahan Rainbow Mountain bisa dinikmati dari jalur pendakian Ausangate Trek. Namun untuk menyaksikannya, wisatawan harus menempuh pendakian yang menantang dan berkemah selama beberapa hari di kawasan gunung yang bercuaca keras.

Ketujuh, Kelabba Maja - Indonesia

 Bukit warna-warni bisa kita temui di bagian timur Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Bukit ini bernama Kelabba Maja dan berlokasi di Pulau Sabu (kadang disebut Sawu), Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Lokasinya berdekatan dengan pantai selatan Sabu.


Kedelapan, Brennisteinsalda - Islandia

 Brennisteinsalda dianggap sebagai gunung tercantik di Islandia. Gambar tempat ini sering menghiasi kalender dan majalah. Tak heran, sebab pemandangan alamnya memang luar biasa. Bukit-bukitnya dihiasi warna hijau, hitam, merah, kuning, dan biru.

Dilansir situs Atlas of Wonders, Brennisteinsalda terletak di Landmannalaugar dan merupakan bagian dari Fjallabak Nature Reserve. Nama Brennisteinsalda secara harfiah berarti 'gelombang sulfur'. Nama tersebut diberikan karena tanahnya kaya akan kandungan sulfur. Warna hitam dan biru pada tanahnya berasal dari lava dan abu. Warna merah berasal dari kandungan besi. Sementara nuansa hijau berasal dari lumut yang melapisi bebatuan di sana.

Kesembilan, Gunung Ala Daghlar- Iran

Gunung warna-warni atau disebut Ala Daghlar berlokasi di Iran. Dilansir Iran Front Page, gunung cantik ini berjarak sekitar 25 kilometer di timur laut Tabriz, wilayah Iran bagian barat laut di dekat kota Khajeh. Warna yang biasa muncul adalah nuansa warna tembaga, merah, kuning, hijau dan jingga. Warna-warna tersebut akan tampak jelas di musim panas. 

Belum diketahui penyebab terbentuknya warna-warna tersebut, tetapi kemungkinan sebagaimana gunung-gunung lainnya yang terbentuk dari peristiwa oksidasi dan tekanan mineral selama jutaan tahun.

Memang luar biasa ciptaan Allah. Selain menyajikan pemandangan yang indah, bukit berwarna-warni tersebut kaya berbagai mineral, yang artinya, pasti ada manfaatnya. Sebagai makhluk yang sudah dipercaya oleh Allah, hendaknya kita memanfaatkan segala ciptaan Allah dengan didasari ketaatan. Mengambil tanpa merusak. Memanfaatkan tanpa keserakahan. 


Posting Komentar