Terjemahan Pembukaan Kitab Taklim Mutaalim karya Syekh Az-Zarnuji

Terjemahan Kitab Taklim Mutaalim


Ini adalah terjemah Kitab Ta'limul Muta'alim karya  Syekh Az-Zarnuji ra


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله الذى فضل على بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم.


Segala puji bagi Allah yang mengutamakan manusia dengan ilmu dan amal atas seluruh alam. Shalawat dan Salam atas Nabi  Muhammad saw, Pemimpin seluruh orang Arab dan Ajam (selain orang Arab), dan atas keluarganya dan para sahabatnya yang merupakan sumber-sumber macam-macam ilmu dan hikmah.


وبعد فلما رأيت كثيرا من طلاب العلم فى زماننا يجدون إلى العلم ولايصلون (ومن منافعه وثمراته ـ وهى العمل به والنشر ـ يحرمون) لما أنهم أخطأوا طريقه وتركوا شرائطه، وكل من أخطأ الطريق ضل، ولاينال المقصود قل أو جل، فأردت وأحببت أن أبين لهم طريق التعلم على ما رأيت فى الكتب وسمعت من أساتيذى أولى العلم والحكم، رجاء الدعاء لى من الراغبين فيه، المخلصين، بالفوز والخلاص فى يوم الدين، بعد ما استخرت الله تعالى فيه،

Dan sesudahnya, Maka tatkala aku memperhatikan para santri di zaman kita ini, mereka bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, tetapi mereka tidak sampai mendapatkan manfaat dan buah dari ilmu, yaitu beramal dengan ilmu tersebut dan menyebarkannya. Mereka terhalang.Tatkala, sungguh mereka telah salah cara menuntutnya dan mereka meninggalkan syarat-syaratnya.

Setiap orang yang salah jalan, tentu tersesat tidak akan mendapatkan yang dimaksud kecil ataupun besar.Oleh karena itu aku ingin dan senang untuk menjelaskan kepada para santri cara mencari ilmu, menurut apa yang telah aku lihat dalam kitab-kitab dan aku dengar dari guru-guruku yang merupakan ahli ilmu dan hikmah.


Dengan harapan doa kebahagian dan keselamatan di hari kiamat untukku dari orang-orang yang tulus ikhlas, Begitu doaku, sesudah aku memohon petunjuk kepada Allah taala dalam menulis kitab ini.

Posting Komentar