Pasal Hakekat Ilmu dan Fiqih Serta Keutamaannya Kitab Taklim Mutaalim

Pasal Hakekat Ilmu dan Fiqih Serta Keutamaannya Kitab Taklim Mutaalim

 




(فصل) فى ماهية العلم، والفقه، وفضله


(PASAL) DALAM MENJELASKAN HAKEKAT ILMU DAN FIQIH SERTA KEUTAMAANNYA.



قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة


Rasulullah saw bersabda : 

"Mencari ilmu itu wajib atas setiap orang Islam laki-laki dan orang Islam perempuan."


اعلم, بأنه لايفترض على كل مسلم، طلب كل علم وإنما يفترض عليه طلب علم الحال كما قال: وأفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال


Ketahuilah!

Bahwa sesungguhnya tidak diwajibkan atas setiap muslim dan muslimah mencari semua ilmu, tetapi yang diwajibkan atasnya adalah mencari ilmu haal (ilmu agama). Seperti apa yang telah dikatakan:


"Seutama-utamanya ilmu adalah ilmu agama dan sebaik-baiknya amal adalah menjaga agama."


و يفترض على المسلم طلب ما يقع له فى حاله، فى أى حال كان، فإنه لابد له من الصلاة فيفترض عليه علم ما يقع له فى صلاته بقدر ما يؤدى به فرض الصلاة،



Dan wajib atas orang Islam mencari ilmu tentang perkara yang jatuh kepadanya dalam haal-nya, dalam kondisi apapun keadaannya. Seperti wajib bagi orang Islam melaksanakan sholat, maka wajib atasnya mengetahui ilmu tentang sholat yang jatuh kepadanya dalam sholatnya, dengan ukuran dia dapat menunaikan fardhu sholat dengan ilmu itu.


ويجب عليه علم ما يقع له بقدر ما يؤدى به الواجب، لأن ما يتوسل به إلى إقامة الفرض يكون فرضا، وما يتوسل به إلى إقامة الواجب يكون واجبا وكذا فى الصوم، والزكاة، إن كان له مال، والحج إن وجب عليه. وكذا فى البيوع إن كان يتجر.


Dan wajib atasnya mengetahui ilmu tentang perkara wajib yang jatuh kepadanya dalam sholatnya dengan ukuran dia dapat menunaikan perkara yang wajib itu dalam sholatnya dengan ilmu itu.


Karena sesuatu yang menjadi perantara tegaknya fardhu maka menjadi fardhu dan sesuatu yang menjadi perantara tegaknya wajib maka menjadi wajib.


Demikian pula dalam puasa dan zakat jika dia mempunyai harta serta haji jika telah wajib atasnya. Dan seperti itu pula dalam jual beli jika dia berdagang.


قيل لمحمد بن الحسن، رحمة الله عليه: لما لاتصنف كتابا فى الزهد؟ قال: قد صنفت كتابا فى البيوع، يعنى: الزاهد من يحترز عن الشبهات والمكروهات فى التجارات.


Syekh Muhammad bin Al-Hasan ditanya: 


"Kenapa tuan tidak menulis kitab tentang zuhud?"


Beliau menjawab:


"Aku menyusun sebuah kitab tentang jual beli." 


Maksud Syekh Muhammad bin Al-Hasan adalah orang yang zuhud itu adalah orang yang menjaga diri dari perkara subhat dan makruh dalam perdagangan.


وكذلك فى سائر المعاملات والحرف، وكل من اشتغل بشيئ منها يفترض عليه علم التحرز عن الحرام فيه. وكذلك يفترض عليه علم أحوال القلب من التوكل والإنابة والخشية والرضى، فإنه واقع فى جميع الأحوال.


Demikian pula halnya dalam seluruh muamalat dan pekerjaan, setiap orang yang tersibukan oleh sesuatu, maka wajib atasnya mengetahui ilmu tentang menjaga diri dari yang diharamkan di dalamnya.


Serta wajib atas orang Islam mengetahui ilmu tentang keadaan-keadaan hati, ilmu tentang tawakal, taubat, takut kepada Allah, dan ridho terhadap hukum dan ketentuan Allah, karena ilmu tentang itu semua harus selalu diamalkan dalam semua keadaan.

Posting Komentar