Header Ads

Baznas Sumut Targetkan Perolehan Zakat 60 Milyar



Provinsi Sumatera Utara menargetkan perolehan zakat bisa mencapai Rp 60 milyar selama tahun 2016 sebagaimana yang diamanahkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pusat. Hal tersebut disampaikan oleh Syuaibun M.Hum selaku Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara(30/5).
 
“Target tersebut tidak tidak hanya untuk Baznas Provinsi Sumatera Utara saja, tetapi merupakan gabungan dari seluruh badan/lembaga pengelola zakat yang berada di Sumatera Utara. Dalam hal ini ,Baznas berperan sebagai koordinator, jadi kita juga mengadakan konsolidasi dan menyampaikan hal tersebut kepada badan/lembaga amil zakat yang ada di Sumatera Utara,” jelasnya.

Dikatakan Syuaibun, kalau saja ada laporan dari badan/ lembaga zakat yang ada di Propinsi Sumatera Utara, target tersebut mungkin sudah bisa memenuhi. Namun sayangnya,  banyak laporan yang tidak dibuat dan dilaporkan ke Baznas Provinsi Sumatera Utara sehingga perolehan zakat tidak tercatat secara maksimal.

“Oleh karena itu, Kita terus mensosialisasikan target yang diamanahkan oleh Baznas Pusat tersebut ke berbagai badan/lembaga amil zakat. Kita berharap, mulai tahun ini pusat informasi laporan zakat sudah berada di Baznas Sumatera Utara,” ujarnya.

Dikatakan Syuaibun, secara nasional untuk tahun ini diharapkan perolehan zakat bisa mencapai 2,8 triliun untuk seluruh wilayah Indonesia.

Program Ramadan
Sementara itu, selama bulan Ramadan Baznas Provinsi Sumatera Utara akan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarkat,sehingga diharapkan  dapat membawa manfaat dan berefek terhadap peningkatan perolehan zakat.

Berbagai program zakat Ramadan tersebut diantaranya sosialisasi dan edukasi zakat di berbagai media seperti TVRI, RRI, dan juga Inews Tv. Kemudian melakukan program muzakarah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama bulan Ramadan.

“Selain itu, Kita juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi zakat ke berbagai SKPD yang ada di seluruh Sumatera Utara. Karena biasanya pada bulan Ramadan akan terjadi peningkatan pembayaran zakat dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya,” tambahnya.

Selanjutnya Pada tanggal 27 Ramadan, Baznas akan merayakan hari zakat nasional yang diiringi dengan penyaluran zakat infak dan sedekah.

Baznas Sumut memberikan beberapa cara  dan kemudahan bagi masyarakat yang akan berzakat, bagi yang punya kelapangan waktu, bisa langsung datang ke kantor Baznas Sumatera Utara.

“Selanjutnya bisa juga melalui bank dengan nomor rekening Baznas. Selain itu, muzakki (pembayar zakat) juga bisa langsung menelpon untuk dijemput zakatnya langsung dari rumah oleh petugas Baznas . dengan cara-cara seperti ini diharapkan tidak ada lagi kesulitan bagi masyararakat untuk membayarkan zakat,” tutupnya.(Ms)

Tidak ada komentar