Header Ads

Memanah Hobi Baru Anak Muda Medan


Pada masa sekarang, memanah bukan hanya diperuntukkan bagi para atlet saja, tetapi memanah juga dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai lapisan masyarakat, baik para remaja hingga orang dewasa.  Kini, memanah di gadang-gadang sebagai hobi baru anak muda kota Medan.

Banyak anak muda Medan yang tertarik menggeluti panahan sebagai hobi barunya, hal ini dikarenakan memanah dipercaya dapat meningkatkan konsenrasi bagi yang memainkannya. 
Seperti yang diutarakan Azanul Ridho Purba, Karyawan salah satu perbankan Nasional di Kota Medan, Ia mengaku sangat senang dan kecanduan dengan aktifitas memanah.

“Memanah itu sangat asyik karena kita dilatih untuk mengasah konsentrasi, ketangkasan dan kesabaran dan semua bersatu menjadi kekuatan yang luar biasa. Apalagi kalau anak panah sesuai target yang di harapkan, nikmatnya sungguh sangat luar biasa,” ujarnya, Kamis (17/3).

Menurutnya, memanah ini harus dibiasakan tidak sekedar menjadi hobi ataupun untuk menjadi atlet saja. Tetapi esensinya yang harus bisa diaplikasikan, terutama hikmah banyaknya hikmah yang didapat dari kegiatan memanah didalam kehidupan.Sehingga diharapkan seseorang benar-benar bisa menjadi orang yang  berjiwa kesatria.

Selain itu, kesukaan Azanul Purba semakin bertambah ketika mengetahui bahwa memanah adalah olahragi yang juga disukai oleh nabi yang juga disebutkan dalam hadis Nya.

“Suka karena Rasulullah SAW juga menyukai olah raga ini. Sesuai dengan hadis - "Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah,” ujarnya.

Hampir sama dengan Azanul Purba, Toni seorang aktivis sosial mengaku dengan memanah mendapat banyak manfaat, salah satunya menambah semangat dan konsentrasinya.

“Selain memanah juga asik, dapat menambah semangat, juga dapat melatih fokus dan konsentrasi kita,” ujarnya.

Ia mengaku, akan menjadikan panahan sebagai salah satu hobi barunya yang akan dirutinkan pelaksanaannya. Meskipun begitu, ia enggan jika hobinya itu mengarahkannya untuk menjadi atlet profesional.

Untuk bisa memainkan panahan, Toni menyarankan agar setiap orang yang hendak memainkah panahan sedang berada dalam kondisi yang fit dan sehat. “Pastikan kondisi stamina bagus dan sehat saat mau bermain panahan. Karna memanah itu juga memerlukan tenaga dan kekuatan dibagian tangan,” ujarnya.

Untuk bisa memainkan panahan, ada berbagai tempat yang bisa dijadikan pilihan sesuai tarif dan keinginan.  “Ada yang paling murah dengan modal Rp 10 ribu sudah bisa untuk berlatih memanah.  Dengan hitungan sewa panah Rp 5 ribu dan anak panah Rp 500 untuk sekali panah. Ada juga yang menggunakan paket per jam dengan biaya sewa 50-75 ribu tergantung alat dan fasilitas yang diberikan.

Menurut Toni, untuk saat ini ia belum mendengar adanya komunitas ataupun kelompok memanah di Kota medan, kalaupun ada  hanya perkumpulan biasa antar teman memanah saja. Tetapi kedepannya mungkin akan menjamur komunitas seperti ini di Kota Medan.(Ms)




Tidak ada komentar